DINILAI.

 12 / 01 / 20

Kadang, aku kesel sama diri sendiri karena terlalu takut dinilai oleh orang2. Terlalu takut melakukan salah. Terlalu cemas akan digossipin. Padahal kalau aku engga takut, mungkin aku bisa mencapai hal2 yang aku pikir aku ga akan bisa capai. 

Pada jaman sekarang pasti orang2 akan selalu menilai kelakuan kita. Jujur, I hate being judged by people. Kita melakukan kesalahan sedikit di depan publik, kita akan di hujat habis2 an. Melakukan sesuatu yang konyol, kita akan menjadi bahan ledekan. 

Gibah. Gossip. Ngomongin orang dibelakang. Menilai orang tanpa benar2 mengenalnya. Sering terjadi, terutama pada lingkaran persahabatan yang sangat toxic. 

Aku coba untuk tidak peduli. Mengabaikannya. Tapi susah... Susah banget. Muncullah social anxiety, kecemasan akan dinilai oleh orang2. Kita jadi terlalu was2 dalam setiap langkah kita, dan lupa untuk bebas mengekspresikan diri kita. Ketakutan akan dinilai ini menahan kita, membuat kita lupa bagaimana rasanya bebas. 

Aku sadar, dunia akan selalu menilai kita. Baik ataupun buruk. Kita harus terbiasa. Kita harus terlatih untuk menjadi berani dinilai agar dapat menjadi lebih baik. Jadi, pergilah ke luar sana ke dunia. Tunjukkan lah ekspresi mu. Belajarlah untuk tidak terlalu memikirkan penilaian orang. Ambil yang baik, belajar dari yang buruk. Sekian

Comments

Popular posts from this blog

a p o e m about CORONAVIRUS heehee

Intro (ish) pt. 2

Dear 2020